translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Kamis, 23 Desember 2010

Cara main bass slap

Pengertian cara main slap bas, yang pastinya tidak asing bagi para pemain bass. teknik slap adalah teknik yang penuh dengan ritmik dan gaya perkusi, dan Menghasilkan suara yang terang dari benturan atau tamparan ibu jari tangan kanan ke sebuah senar bas yang diikuti dengan cabikan jari tangan kanan yang lain ke senar yang berbeda. Gaya slap biasanya dimainkan di aliran jenis mudik Funk dan R & B. Akan tetapi sesuai dengan perkembangan zaman gaya pluck (P) merupakan dasar dari teknik slap, teknik ini teknik yang sangat sering dipakai bagi para pemain beraliran Funk dan jazz, tapi cukup banyak juga pemain bass yang beraliran rock, pop, bahkan dangdut yang menggunakan teknik ini sebagai teknik andalannya, contoh besar pengguna teknik ini di indonesia adalah Bondan Prakoso.

Dalam mempelajari teknik slap ini sebenarnya gampang- gampang susah. Loh kenapa? karena disini lebih mengandalkan kerjasama yang akurat antara jempol dengan telunjuk tangan, ke- luesan jari tangan dan penambahan beberapa variasi teknik lain, seperti hammer-on dan slide. Tapi kita disini akan mempelajarinya perlahan-lahan, teknik slap pada bass ada berbagai macam teknik antara lain : Fingger slap, Doble tump, Slap Tabla Style Technique, dan lain-lain, cranya begini:
1. Atur posisi lengan dan jari tangan : Untuk posisi jari dalam teknik slap adalah buka kelima jari tangan pada tangan kanan, setelah itu tutup jari kelingking, jari manis, jari cincin, dan jari telunjuk, kemudian buka setengah kepalan tangan dari jari-jari yang di tutup tersebut.
2. Posisi lengan kanan: Dalam teknik Slap biasanya gitar bass, berada di posisi yang agak tinggi, sejajar dengan perut, di bawah dada adalah posisi yang pas, hal ini agar posisi tangan kanan kamu sejajar dengan senar, “Kenapa harus sejajar dengan senar?” karena ini memposisikan agar jempol menghadap ke atas, “kenapa menghadap ke atas ?” karena Thumb akan lebih mudah dimainkan jika jempol menghadap ke atas dan resiko membunyikan 2 senar bersamaan akan lebih kecil. sebenarnya jika jempol menghadap ke bawah juga tidak masalah, tapi kamu akan agak kesulitan dalam melakukan Thumb dan juga resiko untuk menampar 2 senar secara bersamaan akan lebih tinggi, jika hal itu terjadi maka suara yang dihasilkan akan jadi tidak jelas dan tidak tegas. Tetapi selama kamu bisa memposisikan jempolmu untuk membunyikan satu senar itu tidak masalah. Temukan posisi ternyaman bagi kamu.

Peringatan, anda musti ketahui dalam teknik slap ini.
1. THUMP (membunyikan dengan jempol)
2. POPPING (membetot dengan telunjuk/jari tengah). 1. THUMB : banyak orang yang mungkin agak bingung dan bertanya-tanya “bagaimana cara thumb yang benar ?”, secara umum sebenarnya ada 2 tipe Thumb, tipe yang pertama adalah dengan menampar senar dengan jempol, cara ini dipakai jika ingin mendapatkan suara yang agak ringan. Dan tipe yang kedua adalah dengan memetik senar dengan jempol, dengan cara ini suara yang dihasilkan akan lebih tebal, lebih terkesan berat, dan karakter low akan lebih jelas terdengar. Thumb dimainkan dengan menggunakan sisi jempol sebelah dalam (sisi sebelah kiri jika kamu bermain dengan tangan kanan.
2. POPPING : ini lain lagi dengan yang namanya Thumb, untuk penggunaan Popping cenderung sedikit susah. Tetapi untuk menggunakannya kamu harus cermat. Sebelum melakukan Popping , alangkah baiknya jika jari yang akan melakukan popping berada di bawah senar yang akan di betot atau di tarik, hal ini untuk menghindari jari kepeleset dari senar, dan untuk menghindari putusnya senar gitar, Jika belum terbiasa Popping juga bisa mengakibatkan jarimu terasa sakit dan perih bahkan sampai terluka, jadi bagi yang belum terbiasa belajarlah dengan perlahan- lahan dengan melakukan gerakan tump dan popping secara bergantian tump atas dan poping bawah secara perlahan-lahan.
TEKNIK HAMMER- ON, DAN FULL-OF. 1. HAMMER-ON Sebelum berlanjut kita akan sedikit membicarakan hammer-on. Secara umum Hammer-on adalah teknik dimana kita membunyikan 2 not secara bergantian pada 1 senar tetapi hanya dengan 1 petikan, sebagai contoh, lakukan tump pada F dan langsung pindah ke G dengan Satu ketukan, lakukan secara perlahan-lahan.
2. Pull-off bisa dibilang adalah bentuk kebalikannya dari hammer-on, jika hammer- on dilakukan dengan fret naik, maka pull-off fret turun atau dengan kata lain Hammer-on dimulai dari nada rendah ke tinggi sedangkan Pull-off dilakukan mulai dari nada tinggi ke rendah. persamaannya teknik ini juga dilakukan dengan cara membunyikan 2 not secara bergantian pada 1 senar tetapi hanya dengan 1 petikan, contoh lakukan tump pada G dan langsung pindah ke F dengan satu kali petikan, lakukan dengan sabar dan perlahan.
Semoga bisa cepet menguasai.

2 komentar:

ConneLo ic mengatakan...

nice artikel sob, bisa jadi referensi nih :)
Metode ini yg pengen banget saya pelajari

Anonim mengatakan...

How to Play Baccarat - Wolverione
When it comes to playing baccarat, the หารายได้เสริม odds are in favor of you. 제왕카지노 You win when you lose, if you win, and you lose. 바카라 사이트 The probability of a bet is a