translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Selasa, 21 Desember 2010

Tata cara belajar bas jazz

Kebanyakan dari orang-orang yang hobi bermain bas biasanya sering penasaran bagaimana teknik bermain bas jaz.
Modal jazz adalah jazz yang dimainkan sering menggunakan mode musikal dibanding pergerakan chord . Ketika seorang musisi berbicara tentang cara atau mode dalam jazz , mereka seringkali mengartikan berdasar tujuh modes (seven modes based) dalam skala major. Tapi ada yang lebih suka untuk memperlakukan tiap mode tetap dalam posisinya Biarpun dalam mengenal konsep ini tidak salah untuk mengambil skala mayor dan memainkan tiap not dalam pergerakan mode tonic . Cara yang digunakan Modal Jazz tapi pemahaman tentang mode seringkali dapat juga membantu belajar improvise perubahan chord . Penting untuk memahami pendekatan ini hanya dapat digunakan sebagai awal untuk belajar improvisasi melodi .

Sebenarnya pada musik pop pun terkadang ada walking bass, begitu juga dengan rock, blues bahkan dangdut dan lain-lain.
Namun, walking bass pada musik jazz lebih terasa karena biasanya pada musik jazz, gitar tidak dominan, yang mengantikan peran gitar adalah bass. itulah yang menyebabkan pada saat memainkan musik jazz pemain bass suka berjalan sendiri. Ada rumusnya, rumusnya itu disebut skala(scale). Sebenarnya ada berbagai macam scale, tapi semua tergantung aroma lagu yang akan kita mainkan, beraroma arabian, afrika, spanyol atau china. itu memiliki aroma yang berbeda beda. Namun, untuk musik jazz kita hanya perlu menguasai, major scale, minor scale, pentatonik mayor dan pentatonik minor. misalnya pada scale mayor. pada saat cord C kita bisa tekan C-E-G-A-G-E-C dengan not satu ketuk semuanya. Scale pada bass hampir sama dengan gitar. jadi kalo kamu ingin belajar scale itu, anda bisa kursus, kalau misalnya anda tidak berminat untuk kursus, sebaiknya sisipkan sedikit isi dompet anda untuk membeli buku-buku kumpulan scale gitar. atau bisa kamu cari di internet. kalo kamu udah menemukannya, baru kamu akan mengerti apa itu scale.

Hal yang penting untuk anda ketahui adalah kesempatan bassis dan pianis untuk bergerak pada not diskala yang tidak cocok dengan chord utama dari skalanya . Sebagai contoh dalam skala Ionian C adalah not utama . Not yang lain sebagai contoh B tidak cocok dimainkan dengan C ini tidak mungkin digunakan diluar lagu modal jazz yang ditulis dalam C ketika memainkan chord C . Dalam lagu modal itu mungkin yang berarti not yang dimainkan tidak dikenali sebagai bagian dari C mayor .
Setelah baca tulisan ini alangkah senangnya saya. Mungkin masih banyak kekurangannya jadi dengan senang hati untuk menerima kritikan anda.

Tidak ada komentar: