translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Sabtu, 11 Desember 2010

Cara latihan not balok

Orang bermain musik ada yang suka sambil membaca not balok dan ada juga yang mengandalkan filingnya, tapi kalau kita senang main gitar atau piano solo,alangkah baiknya jika kita bisa membaca partitur atau (not balok) karna biasanya sebagai gitaris solo itu sering di ajak berkolaborasi sama musisi lain, jadi not balok ini akan memudahkan anda dalam berkolaborasi sama orang lain.
Jika anda lagi belajar not balok. Berikut adalah cara yang perlu anda lakukan:
1. Latihan setiap hari, hal ini penting sering latihan tidak perlu sampai bercucuran keringat dan air mata, yang penting adalah setiap hari. Paling tidak satu jam atau dua jam per harinya. Untuk latihan dapat melalui dari buku atau teman yang sudah mengerti partitur lagu, jaika belum punya buku segeralah cari di toko-toko buku, ataupun dari internet.
2. Sering memainkan instrumen musik setiap hari , hal ini terkait dengan poin nomor 1, dimana kita harus melatih kemampuan kita membaca not balok setiap hari. Memainkan instrumen yang kita pelajari secara rutin juga mempunyai keuntungan lain, yaitu kita dapat mengasah kemampuan kita untuk mengontrol serta mengeksplorasi instrumen musik tersebut.
Not balok ditulis di atas sekumpulan 5 garis dan 4 spasi sebenarnya tips ini terdapat juga di mata pelajaran SD atau SMP biasa disebut dengan " garis paranada", dalam istilah musik biasa disebut staff, seperti gambar ini :

5------------------------5
4------------------------4
3------------------------3
2------------------------2
1------------------------1

Angka-angka di samping staff nantinya tidak akan ditulis. Angka-angka itu hanya menunjukkan kalau penghitungan garis dan spasi dimulai dari bawah. Jadi garis pertama adalah garis paling bawah, dan garis kelima adalah garis paling atas.
Di dalam staff ini nantinya akan ditaruh notasi dan tanda diam. Di setiap awal staff selalu ditulis yang disebut dengan clef. Clef di kurikulum sekolah biasa disebut dengan "tanda kunci". Lazimnya di pelajaran sekolah dikenal kunci/clef G, F, dan C, tapi yang umum dipakai adalah kunci G dan kunci F. Banyak juga yang bilang kalau Kunci G biasa disebut " Treble", kunci F disebut "Bass", dan kunci C disebut "Tenor".
Tulisan ini hanya sekedar masukan dari saya jadi mohon maaf jika masih banyak kekurangannya, karna saya tidak begitu memperhatikan tentang not balok,

kalau menurut saya dasar-dasar gitar sih perlu, tapi kalau baca not balok itu hal yang menguntungkan, tapi bukan hal yang sangatlah penting. not balok itu kan sebetulnya bukan musik, melainkan hanyalah sarana untuk memudahkan kita bermusik. jadi kalo kita bisa bermusik tanpa not balok pun adalah hal yg sangat baik.
Oke sob semua terserah pada diri anda, apa yang menurut anda gampang, lakukanlah.
Salam bermusik ria.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalok boleh tau buku nya apa ya ? Gitar sama piano cara bacanya sama ?