translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Selasa, 07 Desember 2010

Cara membaca tablatur gitar

Melihat tablatur bagi orang yang belum pernah mengenal tab pasti jadi bingung sendiri,
Jadi seperti apa tablatur itu?
TAB adalah gambaran nada nada pada sebuah alat musik seperti gitar, untuk membaca tablatur tentunya kita harus mengerti cara caranya, untuk penjelasan mengenai TAB adalah, mulai dengan 6 baris pada gagang gitar, Ini berhubungan dengan senar- senar dari instrumennya. Garis yang paling atas adalah string yang paling tinggi, atau senar nomer 1 senar yang paling kecil, dan garis yang dibawahnya adalah string yang lebih rendah atau senar 2.begitu seterusnya sampai akhirnya garis paling bawah atau senar 6.
Dibawah ini adalah contoh bit kosong dari TAB dengan nama string pada bagian kiri.

E---------------------------
B---------------------------
G---------------------------
D---------------------------
A---------------------------
E---------------------------


Garis garis menunjukkan gambar senar, dan huruf A, B, G, D, A, E, itu menunjukkan stringnya.
Di bawah ini ada angka-angka yang ditulis pada garis, itu untuk menunjukan pada fret mana dari string dengan tangan kiri. Bila disitu terdapat sebuah angka nol muncul, artinya mainkan dengan string terbuka atau los senar. Seperti notasi standar musik, cara bacanya mulai dari kiri ke kanan untuk mengetahui urutan note yang harus dimainkan. Bagian dari TAB berikut mempunyai arti memainkan sederetan note (E F F# G G# A) pada bagian senar E dengan menggerakkan jari jari melalui fret secara berurutan,contohnya seperti berikut

E---------------------------
B---------------------------
G---------------------------
D---------------------------
A---------------------------
E--0-1-2-3-4-5----------

Berikut adalah note yang dimainkan secara bersamaan. atau bisa di bilang cord.
Jika dua atau lebih note akan dimainkan bersamaan, mereka dituliskan diatas satu sama lainnya, sekali lagi seperti notasi standar. Contoh berikut kita mempunyai sebuah Kord balok G.


E---3----------------------
B---3----------------------
G------4-------------------
D-----------5--------------
A------------5-------------
E---3----------------------

jari,1 2 3,4



Mengenai perbedaan TAB dari notasi standar. Kebanyakan dari TAB tidak memberitahukan panjangnya note. Biasanya itu tergantung dari diri anda dalam mendengarkan lagu atau menghafal lagu tersebut untuk mendapatkan iramanya.
Pada contoh di atas semua note dipisahkan dengan jarak yang sama sehingga anda bisa membuat asumsi bahwa note tersebut mempunyai jarak yang sama (mungkin semua seperdelapan note atau seperempat) tapi ini tidak tentu benar karna itu semua tergantung dari siapa yang menuliskan TAB tersebut. , seharusnya jarak dari note pada tab tersebut memberitahukan anda note mana yang panjang dan mana yang pendek dan yang cepat, tapi biasanya tidak akan di beritahukan,saya sendiri juga masih belum mengerti kenapa dalam tablatur tidak ada tanda panjang dan pendeknya.
Tapi biar anda lebih mudah dalam membaca tablatur saya sarankan sebaiknya anda lebih mengenal dulu lagu atau melodinya supaya nada yang di petik menyatu dalam filing anda.
Sebenarnya dalam tablatur ini ada beberapa simbol yang harus anda ketahui tapi maaf saya tidak bisa share disini, mungkin di postingan hari depan karna dengan kebanyakan kata kata saya yang tidak karuan ini mungkin menjadikan anda malah jadi bingung.
Selamat ketemu di hari yang akan datang.

Tidak ada komentar: