translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Rabu, 08 Desember 2010

Tips dan trik memasang senar bass yang benar

.Cara mengganti senar bass.
Memasang senar bas itu perlu di perhatikan di saat anda memasang senar pada bass tersebut baik itu senar lama ataupun baru. Mungkin dari sisi pengaruhnya dapat terlihat, dalam pemasangan senar ini sebenarnya hanya memiliki pengaruh sedikit saja terhadap sound. Pengaruh utamanya lebih kepada ketahanan senar awet tidaknya, dan getaran senar. Dalam memasang senar bas mungkin terlihat mudah, akan tetapi ternyata ada hal-hal yang mungkin bisa kita lewatkan. Jadi begini, senar bass itu terbuat dari logam seperti, stainless steel, nikel atau steel (baja).
Pada bagian luarnya adalah senar yang melilit pada senar di dalamya (ada 2 senar). Dan lilitannya berbeda-beda pola baik bentuk ataupun bahan bahanya. Dan ini yang menjadikan tiap produk mempunyai suara khas masing- masing.
Maksudnya begini, senar itu ada yang khusus untuk bass akustik, ada yang khusus untuk bass fretless,lilitanya rata, ada yang khusus untuk contra bass /up right, dan untuk bass electric yang fretted (ada fret-nya). Yang untuk bass fretted saja karakter sound-nya bisa banyak pilihan.

Sekarang bagaimana biar hasilnya maksimal?
Cara pemasangannya begini…pada saat memasang senar anda mulailah dari head bass dulu, atau tunner ( yang untuk memutar-mutar senar itu).Kemudian kita lilitkan senarnya (setelah senar yang tanpa ada lilitannya kita potong) kira-kira 4 atau 5 putaran dan lilitan sambil ujung satunya (sebelah kanan/bridge) kita pegang terlebih dahulu. Jadi jangan asal langsung masukkan ke bridge, ujung kanan tetap kita pegang dan sedikit di tarik sambil kita memutar tunner. Di saat anda memutar senar, tangan kanan yang memegang ujung satunya jangan terlalu kencang memegangnya, disitu kan ada cincin nya, jadi cincin kecil di ujung senar kanan biarkan ikut perputaran ujung yang di tuner, tetapi senar nya masih tetap di tarik supaya tegang.
Setelah cincin kecil sudah dekat atau berada di atas penopang senar di bridge, baru kemudian cincin kecil kita masukkan ke bridge. Dan tangan kiri yang memutar senar jangan pernah berhenti sampai senar tegang pada saat cincin kecil sudah di bridge cara memutarnya anda juga bisa menggunakan alat bantu string winder. Cara ini adalah untuk menghindari posisi senar agar tidak melintir pada saat senar sudah sepenuhnya tegang. Karena jika posisi senar melintir, ini yang sering menyebabkan senar gampang putus dan getaran senar jadi tidak teratur. Dan kalau kita amati lebih teliti, maka masing-masing senar (1, 2, 3, 4) sustain-nya jadi berbeda dengan ketajaman tone yang berbeda pula.
Menurut yang saya tau kira-kira begitu.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: