translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Sabtu, 25 Desember 2010

Musik blues dan beragam aliran lain nya

Musik pada dasarnya di awali dari tujuh nada yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, tapi dalam dunia musik mempunyai banyak aliran-aliran nya.
Berikut adalah nama aliran/genre utama yang sebagian besar kita kenal dalam bermusik. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, dunia musik ini sudah banyak perkembangan nya.
Akhir-akhir ini banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang begitu pesat. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan pasti nya enak didengar. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou, Sneaker Pimps dan Lamb. Ada juga hip-hop rock yang diusung oleh Linkin Park, juga masih banyak yang lain nya. Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in. banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini, antara lain Franz Ferdinand, Bloc Party, The Killers, The Bravery dan masih banyak lagi.
Bahkan sekarang banyak pula grup musik yang mengusung lagu berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Grup musik yang membawa aliran baru ini di Indonesia sudah cukup banyak salah satunya adalah Funk de Java yang mengusung lagu berbahasa Jawa dalam musik rock dan mungkin masih banyak yang lain nya.

Disini akan sedikit tentang musik blues.
Blues umum nya dikenal sebagai sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Musik blues yang mulai berkembang pesat kira-kira pada abad ke-19 M, lama banget ya.. itu muncul dari musik-musik spiritual dan pujian yang biasa dilantunkan para komunitas kulit hitam asal Afrika di Amerika Serikat.
Musik yang menerapkan blue note dan pola call and response itu diyakini publik AS yang dipopulerkan oleh ‘Bapak Blues’–WC Handy (1873-1958).

Apakah Anda percaya? musik Blues itu awal nya berakar dari sebuah tradisi kaum Muslim, publik di negeri Paman Sam pun ada meyakininya dan ada yang ragu. Namun, seorang penulis dan ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, sudah meyakinkan publik bahwa Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di Afrika Barat. Menurut yang saya tau kira-kira begitu, jadi kalau ada yang lebih tau tentang sejarah musik blues silahkan nambahin tulisan ini di kolom komentar.

Tidak ada komentar: