translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Minggu, 26 Desember 2010

Pengertian scale/skala melodi

Membicarakan mengenai skala/scale pasti sudah sering kita dengar ucapan scale atau skala. apakah scale/ skala itu? menurut yang saya tau..skala itu adalah jalur-jalur nada (melodi) pada alat-alat instrument.itu menurut saya loh..kalo orang lain mungkin akan lebih baik lagi.
Jadi dalam bermain musik pada umumnya atau melodi pada khususnya itu adalah hasil kreasi dari penerapan skala(scale) karena skala merupakan basis dari semua melodi dan seluruh improvisasinya.
Mungkin bagi seorang musisi otodidak atau yang hanya mengandalkan pada insting sendiri barangkali akan menganggap tidak perlu adanya pengetahuan atau disiplin mengenai skala dan mode. Ada lagi mereka yang alergi dengan beberapa alasan:
1. lebih dipentingkan pengetahuan atau keahlian terutama mengenai “fingerboard” atau tuts untuk bermain melodi.
2. lebih mendahulukan pengajaran melalui teknik pendengaran.
3. lebih penting bermain akurasi dan kecepatan daripada warna musik.
4. lebih mementingkan pendalaman pada chord dan rhythm karena mereka kurang tertarik pada melodi (rhythmist) dan sekedar untuk menikmati musik saja. Namun, tanpa disiplin ini, improvisasi yang dilakukan, meskipun tidak terbelenggu, tetap akan terbatas atau tidak sebanyak jika memiliki pengetahuan menyeluruh tentang skala.

Jika kita mengharapkan nuansa tradisional seperti Arab, Cina, Jepang, Jawa, Bali, Algeria atau lainnya, pengetahuan tentang skala musik bisa membantu merealisasikan warna musik anda. Di sini ada Chinesse, Iwato, Javanesse, Balinesse, Algerian, Hindu, Arabian, Mohammedan, Jewish, Mongolian, dan pastinya masih banyak lagi jenis-jenis lain nya. Skala/scale juga dapat membantu menciptakan karakter modern-kontemporer yang khas untuk musik Jazz, blues maupun rock. Anda bisa menerapkan skala Blues, Bebop, Altered, Augmente, Pentatonic, Flamenco, Hexatonic, Wholetone dan lainnya. Ada ratusan skala yang diungkap dalam web dengan format bagan image. Sebagian diantaranya dilengkapi audio.
Oke sob..sedikit info dari saya mudah-mudahan ada manfaatnya.

Tidak ada komentar: