translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Kamis, 16 Desember 2010

Teknik menciptakan kecepatan dalam pemukulan drum

Dalam bermain drum kadang-kadang tangan kita terasa kaku atu sulit untuk menggebukkan stik, sehingga temponya jadi amburadul.
Lalu bagaimana caranya supaya tangan kita menjadi semakin rileks?
Oke pertama anda sering-seringlah melakukan teknik seperti di bawah ini:

Pertama coba anda lakukan pukulan pada senar drum memakai tangan kanan dan tangan kiri secara bergantian, masing-masing tangan hanya melakukan satu pukulan saja mulai dari tangan kiri dulu terus gantian tangan kanan yang memukul, lakukan dengan tempo yang lambat kemudian lakukan dengan secepat mungkin.

Cara yang kedua adalah tangan kiri melakukan dua pukulan sementara tangan kanan hanya satu pukulan, lakukan secara lambat dulu, setelah kedua tangan sudah memulai terbiasa kemudian percepat sampai dimana menurut anda yang paling cepat

Cara yang ketiga: setelah tangan kiri yang melakukan dua pukulan, sekarang giliran tangan kanan yang memukul dua kali dan tangan kiri hanya satu pukulan.
Sesudah anda melakukan teknik yang ganjil sekarang coba melakukan dengan teknik yang genap,
maksudnya seperti apa?
Jadi begini sekarang anda lakukan pemukulan masing-masing tangan anda melakukan dua pukulan secara bergantian.
Untuk melatih teknik seperti di atas anda harus perhatikan cara memegang stik nya.

Cara memegang stik ada dua macam.

1. Open hand(tangan terbuka) maksudnya ibu jari dan telunjuk yang digunakan untuk menjepit stick, sedangkan ketiga jari lainnya seperti jari tengah, jari manis dan kelingking berperan untuk mendorong stick. Ketika stick yang didorong menyentuh drumhead, maka secara otomatis stick akan memantul kembali, gunakan pantulan itu untuk membuat pukulan berikutnya (ketiga jari mendorong stick itu kembali). Lakukan secara berulang- ulang, seperti mendribble bola basket saja.

2. Closed hand(tangan tertutup) maksudnya pukulan ini sangat mengandalkan lengan dan pergelangan tangan sehingga pukulan menjadi kaku dan tangan cepat lelah, kecepatannya pun sangat terbatas, kalau menurut saya cara ini cocok untuk melakukan teknik di atas tadi, tapi ada juga yang lebih suka dengan cara open hand,semuanya terserah pada diri anda sendiri.

Teknik menginjak pedal bas:
Posisi dua kaki tersebut dapat dilakukan sesuai dengan aliran lagu nya dan selera pemain drum. Jika anda pemain jazz (swing, pop jazz) maka teknik heel down merupakan pilihan yang tepat, akan tetapi jika anda pemain rock atau fusion dan funk maka heel up diperlukan untuk menciptakan groove yang lebih solid karena kecepatan dan kekuatan kaki akan bertambah.
(Heel down) sangat mengandalkan pergelangan kaki untuk memukul. Jadi, dengan posisi ini anda jangan pernah berharap untuk medapatkan pukulan yang keras, itu hanya buang-buang tenaga saja.
(Heel up) adalah teknik menggunakan ujung kaki untuk menginjak pedal sehingga semua tenaga dapat dikerahkan. Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih pada saat heel up, posisi kaki dimundurkan sehingga pada saat menginjak pedal (pada saat menginjak pedal kaki jangan ditahan tapi dilepas kembali), maka pedal akan kembali pada posisi semula karena ditarik oleh pegas dan anda tinggal menginjaknya lagi untuk memukul.
Oke sob sekian dulu mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar: