translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Rabu, 15 Desember 2010

Pemanasan dalam latihan bermain drum

Sebelum bermain drum tentunya akan lebih baik jika di awali dengan pemanasan dulu, apalagi bagi seorang pemula(yang lagi tahap belajar),hal ini pastinya sangat penting, bagi anda yang ingin latihan pemanasan silahkan simak beberapa teknik di bawah:

Pemanasan ini adalah merupakan pemanasan yang paling dasar pada umumnya, ini diwajibkan kepada para pemain drum agar dapat menguasai pemanasan ini hingga pada level speed yang terakhir, untuk yang masih pemula minimal 10 hari sudah dapat dikuasai, tentunya dengan memerhatikan grip tangannya ya ini untuk minimal saja, jadi jangan sampai anda tertekan dalam waktu 10 hari sudah bisa menguasai.

Latihan ini (TUJUAN nya) Untuk melemaskan atau merenggangkan pergelangan tangan dan otot-otot sekitar lengan hingga jari, kelingking. Selain itu dalam pemanasan ini disertakan bantuan alat pengukur tempo atau (METRONOM) dengan birama 1/4 pada tiap-tiap beat agar para pemain dapat mendengarkan dan merasakan perubahan tempo serta menguasai tempo dengan mark time/beating dalam Feelling dan hati anda.
Pemanasan ini perlu anda perhatikan bahwa ini latihan yang sangat dasar dan wajib dan diharapkan pemain dapat mengusainya dengan baik hingga level terakhir dengan tempo dan kesamaan suara yang tepat.

Untuk menjadi pemain drumer profesional lakukanlah pemanasan setiap kali latihan, lakukan dengan disiplin.
Warming up sticking lakukan dengan speed yang bertahap, jangan cepat-cepat dulu, di saat lengan sudah terasa lebih nyaman dan rileks baru tingkatkan speed. Speed memang jadi masalah utama, biasanya semua maunya speed up, biar kaya orang-orang yang jago katanya,hehe
speed akan menjadi sia-sia saat kita menderita CTS, lalu speed up bertahap, itu kuncinya. 3. Instead of speed up dengan single stroke pattern, coba warming up dengan rudiment.

Sekarang coba pemanasan dengan teknik (DIDDLE/ ROLL AnB) Pemanasan ini merupakan dasar yang juga sangat penting dari pembentukan pola pukulan rolls dengan teknik pukulan double stroke (contoh pemanasan tingkat lanjut menggunakan teknik double stroke dapat didengar langsung pada pemanasan diddle combo, building rolls, dan tripolet), melakukan penguasaan pemanasan ini hingga pada level akhir sangat diwajibkan, dikarenakan banyaknya pemakaian teknik pukulan double stroke akan digunakan dalam materi-materi lagu baik yang berpola sederhana maupun yang sangat kompleks dengan tempo cepat. Teknik ini bertujuan untuk melatih kesamaan, ini sangat penting juga loh, untuk kekuatan dan ketepatan suara pada tiap pukulan baik pada not pertama dan not keduanya pada tiap-tiap pukulan , seperti biasa tempo yang dipakai pada permulaan yang sangat lambat dapat membantu pemain agar dapat berkosentrasi pada tiap-tiap pukulan hingga pada level terakhir agar tetap (sekali lagi) sama, kuat dan tepat kedua suaranya.
Hal ini penting untuk anda perhatikan, dalam pemanasan DIDDLE/ROLL AnB diharapkan dikuasai terlebih dahulu baru diperbolehkan untuk beranjak pada pemanasan-pemanasan tingkat lanjut yang menggunakan teknik double stroke seperti pemanasan diddle combo, building rolls, dan tripolet

Selanjutnya mari latihan dengan teknik(MISSION IMPOSSIBLE AKSEN) teknik ini merupakan pemanasan dasar untuk melatih pukulan aksen besar dan aksen kecil, perbedaan aksen besar dan kecil adalah berkisar 30-25 cm untuk aksen besar dan 10-5 cm untuk aksen kecil dan selalu konsisten.
Mision impossible aksen bertujuan bagi para Pemain agar dapat membedakan dan menerapkan dengan baik pembedaan tiap-tiap aksen dengan benar dan suara tidak menjadi ambigu atau aneh dikarenakan adanya suara perantara antar aksen besar dan aksen kecil, pada pemanasan ini dapat melatih pemain dalam proses pengontrolan tangan dengan sangat baik.
Pemanasan ini sepintas kelihatan sangat sederhana, tetapi jangan sampai anda meremehkan nya, dalam penerapannya mungkin diperlukan ketelitian suara, tenaga (power) pukulan dan ketinggian stik yang sempurna untuk menghasilkan suara yang brilian, sebaiknya ini perlu anda perhatikan agar ketiga aspek tersebut diperhatikan dalam tiap-tiap perulangan pada pemanasan ini.
Oke kiranya hanya segitu tips pemanasan dari saya, semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar: