translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Selasa, 14 Desember 2010

Panduan berlatih drum yang benar

Anda punya pikiran untuk menjadi seorang drumer profesional? Sebelum anda punya hayalan yang lebih jauh sebaiknya anda simak dulu beberapa cara cara untuk latihan drum dengan benar, adapun cara latihannya seperti berikut:

Pertama dalam latihan drum anda tidak perlu tegang dan selalu berpikir bahwa belajar drum adalah hobi dan bukanlah sesuatu pekerjaan yang dipaksakan untuk kita pelajari.
Usahakan memakai stik sendiri, maksudnya belilah stik drum sendiri untuk dipakai latihan, dan jangan memakai stick drum teman karena anda harus terbiasa menggunakan stick drum sendri.
Dalam permainan drum harus melibatkan FEEL atau dengan kata lain harus benar-benar dirasakan, jangan asal pukul dan jangan sampai berpikiran bahwa semakin keras pukulan anda jadi semakin bagus. Itu salah! Dan juga jangan berpikir bahwa semakin cepat anda bermain semakin hebat. Tidak juga, kekerasan dan kecepatan tidak ada sangkut pautnya dengan musikalitas.

Fokus ke TEMP0, usahakan Selalu berlatih dari TEMPO yang lambat dan jika sudah sangat terbiasa, tingkatkan kecepatan temponya secara perlahan-lahan. Anda harus belajar berjalan dulu baru bisa lari.
Jika sulit mengatur tempo pakailah metronom, jika belum ada belilah Metronome, metronome adalah alat yang sangat efektif untuk mengatur tempo jadi metronom itu penting banget untuk belajar bermain drum, karena untuk bisa mempertahankan tempo dari musik yang akan dimainkan.

Sebelum mulai latihan sebaiknya anda dengarin dulu beberapa lagu untuk merangsang kepekaan telinga anda mendengarkan ketukan lagu.
Ketika sedang latihan jangan dulu memakai berbagai aksesoris ditangan anda karna itu hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam belajar, di karenakan anda masih dalam tahap belajar.
Potong dulu kuku anda, jika anda mempunyai kuku panjang, karena bisa saja nanti akan melukai telapak tangan dan membuat ketidaknyamanan saat belajar bermain drum.

Biasakan menggunakan EAR PLUG (penutup telinga) gunanya untuk melindungi telinga dari kerusakan akibat denger suara yang terlalu keras dan selalu gunakan pada saat latihan ataupun saat tampil. Sekarang banyak pemain drum yang telah mengidap penyakit tinnitus (kuping mendengung) dan sampai sekarang obatnya masih belum ada. Jadi untuk berjaga-jaga sayangilah pendengaran anda sebelum kena kerusakan.

Selalu (percaya diri) dan anda harus ingat bahwa semua pemain drum yang sudah terkenal mereka memulainya dari latihan dan latihan secara terus menerus.
Ketika anda sudah banyak menguasai tentang drum, janganlah terlalu CEPAT PUAS dengan ilmu yang telah anda dapat. Cobalah menambah ilmu lagi dengan cara belajar dari guru drum yang berbeda atau dari teman anda yang lebih berpengalaman, seperti kata orang-orang yang sudah mahir ternyata bermain drum itu nggak bisa di ukur kepintaranya, jadi walaupun sudah jadi master drum tapi masih pingin belajar dan belajar.

Jangan terlalu FANATIK pada satu atau dua aliran lagu saja, hal inilah yang akan dapat menghambat kreatifitas pemain dan membuat permainan anda menjadi monoton dan membosankan, biar permainan anda tidak membosankan sebaiknya anda mencoba berbagai macam aliran musik dan usahakan anda dapat memainkan seluruh aliran musik yang ada.

Itulah sedikit tips cara-cara latihan dari saya. Selamat mencoba dan berlatih sampai bener-bener jadi seorang drumer.
Ingat jadilah drumer yang profesional.

Tidak ada komentar: