translate

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese
Widget By: maduwebsite

Senin, 13 Desember 2010

Tips simple merawat alat band DRUM

Drum adalah sesuatu barang yang mahal,drum juga gampang berkarat jadi kalau anda mempunyai drum sampai tidak di rawat tentunya sayang banget, drum memiliki banyak bagian-bagian yang perlu di rawat.
Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan perawatan secara teratur adalah menyeting head drum. Dalam suatu waktu, karna kulit head drum akan kehilangan tune ’nya, hal ini dikarenakan kulit head drum menerima pukulan yang terus-menerus. Jadi dalam pemilihan kulit head akan sangat menentukan, Head yang lemah akan lebih cenderung mudah penyok, bahkan bisa sobek kalau kita memukulnya terlalu keras. Selain itu kulit head yang lemah hanya bisa menghasilkan sedikit rebound pada stick kita. Jika kita merasa suara yang dihasilkan head berubah, dan rebound terhadap stick mulai berkurang, maka kita harus mentune ulang head drum kita. Head pada snare drum akan lebih sering membutuhkan tune ulang daripada head tom. Kenapa bisa seperti itu? Simpel, karena kita memukul head snare lebih intens daripada head tom. Sedikit saran, jika intensitas bermain anda cukup tinggi, dan sering memainkan lagu-lagu dengan hentakan keras pada head anda, maka perlu anda siapkan head cadangan, yang barangkali sewaktu waktu bisa pecah karna pukulan yang terlalu keras.

Untuk perwatan all around, semua baut-baut nya di buka, head nya dilepas, dan bersihkan secara teliti, kalau untuk body drumnya pake pembersih yang general aja.. Yang penting mesti pake cotton cloth biar ngga baret atau jlaret-jlaret,bahasa paan tu? Itu bahasa kampung hehe.
Kalau ada kaus singlet, kalau untuk rims/stands, bisa pake pembersih metal biar mengkilap, trus baut-baut nya yang tadinya di buka lalu di kasih lubricant juga. Kalau untuk cymbals pake pembersih khusus, pembersihnya itu obat wd 40, kalau belum punya cari di toko-toko musik,
pakai sedikit kompon putih bisa juga pake lap putih material / kaos dan jika simbal sangat kotor anda juga bisa pakai shampoo anti ketombe sedikit,agar debu-debunya meresap untuk memakai sampo anti ketombe usahakan yang semerk dengan yang biasa anda pakai, loh emang kenap harus 1 jenis? ini semata-mata hanya untuk penghematan doang hehe.
Selamat mencoba tips ini dan semoga saja alat-alat Band anda jadi awet dan tahan lama, karna suatu barang yang tidak d rawat akan lebih mudah rusak.

Tidak ada komentar: